Prosedur Peminjaman Berkas Perkara

  1. Pemohon menghadap kepada Panitera Muda Hukum dan/atau Petugas Arsip untuk mengajukan peminjaman berkas perkara.
  2. Pemohon mengisi secara lengkap Formulir Peminjaman Berkas Perkara yang tersedia di Kepaniteraan Hukum.
  3. Panitera Muda Hukum memeriksa dan meneliti keperluan permohonan peminjaman berkas yang diajukan untuk selanjutnya diteruskan kepada Panitera dan Ketua Pengadilan Negeri Sengkang guna persetujuan.
  4. Apabila ajuan diterima, Panitera Muda Hukum memerintahkan Petugas Arsip untuk mengecek keberadaan berkas perkara melalui aplikasi arsip pada SIPP dan memasukkan data peminjaman pada Register Peminjaman Berkas.
  5. Petugas Arsip mencari dan menyerahkan berkas perkara kepada pemohon serta memperbaharui data peminjaman pada aplikasi SIPP.
  6. Batas waktu peminjaman biasa maksimal 3 (tiga) hari
  7. Khusus untuk peminjaman berkas guna keperluan Eksekusi dan upaya hukum wajib dilakukan perpanjangan peminjaman dan diberikan tenggang waktu sampai dengan pemeriksaan berkas telah selesai digunakan.
  8. Setelah jangka waktu peminjaman berakhir, Pemohon harus mengembalikan arsip yang dipinjam secara utuh dan lengkap kepada Petugas Arsip.
  9. Petugas Arsip mengisi tanggal pengembalian peminjaman berkas perkara pada Formulir Peminjaman Berkas Perkara dan memperbaharui status pinjam pada aplikasi SIPP.

 SOP PEMIMINJAMAN BERKAS PERKARA

FORMULIR PEMINJAMAN BERKAR PERKARA